Jember

Raker APKASI Korwil Jatim, Bupati Jember Ajak Bupati di Jatim Kolaborasi Kembangkan Ekonomi Kreatif

Diterbitkan

-

Memontum Jember – Bupati Jember, Hendy Siswanto, yang juga Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Korwil Jawa Timur, mengajak seluruh bupati se-Jawa Timur untuk saling berkolaborasi dalam mengembangkan ekonomi kreatif (Ekraf) di daerahnya masing-masing. Hal itu disampaikannya, saat membuka rapat kerja APKASI Korwil Jawa Timur tahun 2023 di Surabaya, Kamis (22/06/2023) tadi.

Dalam kesempatan itu, Bupati Hendy menyampaikan bahwa sejak diberlakukannya kebijakan otonomi daerah, pemerintah daerah dituntut inovatif dan kreatif dalam penyelenggaraan pemerintah daerah. Sedangkan sektor ekonomi kreatif, merupakan instrumen yang efektif bagi pengembangan ekonomi daerah.

“Saat ini Presiden RI telah mencabut status pandemi Covid-19. Namun, sakitnya masih terasa yaitu di sektor ekonomi kita. Oleh sebab itu, mari kita berkolaborasi mengembangkan ekonomi kreatif, karena sektor ini terbukti efektif memulihkan ekonomi nasional,” jelas Ketua APKASI Korwil Jawa Timur, Hendy Siswanto.

Baca juga:

Advertisement

Pria yang juga Bupati Jember itu mengingatkan kepada seluruh bupati se-Jawa Timur, bahwa pemerintah daerah mempunyai tanggung jawab dalam pelaksanaan otonomi daerah. Antara lain sebagai fasilitator, regulator dan motivator bagi masyarakat daerahnya masing-masing.

“Oleh karenanya, tanpa kita melakukan kolaborasi dan sinergi, maka akan sulit rasanya kalau kita hanya berdiri di dalam kabupaten kita sendiri,” lanjutnya.

Hendy Siswanto juga menyampaikan, hasil dari rapat kerja yang berlangsung selama dua hari ini. Nantinya, hasil itu akan direkomendasikan kepada pemerintah pusat.

Dalam rapat kerja APKASI Korwil Jawa Timur, turut hadir Wakil Gubernur Jatim, H Emil Elestianto Dardak, Sekjen APKASI yang juga Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan seluruh bupati se-Jawa Timur. (kom/rio/gie)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas